Bukit Kaba

Gunung Kaba – Atau biasa di sebut Bukit Kaba merupakan salah satu destinasi wisata utama bagi pendaki pemula yang ada di Provinsi Bengkulu.

Jika kamu lebih suka dengan aktivitas wisata alam, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi Bukit Kaba wisata alam satu ini.

Bukit Kaba

Sedikit Profil Gunung Kaba :

Bukit Kaba adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong , Provinsi Bengkulu. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km.

Mulanya, Lokasi disekitar Gunung Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia.

Namun, kini kondisi daerah wisata ini mulai tidak dapat diandalkan sebagaimana tujuan awal dibuat, yakni untuk taman lindung bagi beberapa flora Sumatra.

Gunung dengan ketinggian 1.938 m dpl ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Puncak Gunung ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan.

Terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak.

Jalur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya.

Sedang jalur yang lain telah dikeraskan dengan menggunakan aspal.

Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah 2-3 jam perjalanan.(Wiki)

Dengan ketinggian 1.952 mdpl perjalanan yang harus dilalui pun terbilang cukup mudah dan kamu akan disajikan dengan pemandangan berupa kebun buah dan sayuran milik penduduk desa yang masih cukup alami.

Di puncak bukit, kamu nantinya akan melihat pemandangan hutan hujan dan Kota Curup.

Jika mau mendaki sedikit lagi ada tangga seribu yang harus ditempuh untuk melihat kawah aktif yang berada tepat di puncaknya.

Bukit kaba terletak di Kabupaten Rejang Lebong, sekitar 2 jam dari kota Bengkulu dan transportasi yang tersedia ada sewaan seperti travel.

Untuk bisa berada di lokasi titik awal pendakian ada juga jasa-jasa pengangkutan di sekitar kawasan Bukit Kaba.

Pengelola tempat ini juga terbilang ramah dan pengunjung biasanya dibebaskan untuk memilih menggunakan jasa mereka ataupun tidak, termasuk disediakannya fasilitas penitipan barang dan kendaraan pribadi sehingga keamananan pengunjung menjadi terjamin.

Comments On Facebook